Definisi Populasi dan Sampel Menurut Para Ahli





Definisi Populasi

Sugiyono (1997 : 57) memberikan pengertian bahwa : “Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari obyek atau subyek yang menjadi kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk di pelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Nazir (1983 : 372) mengatakan bahwa , “populasi adalah berkenaan dengan data, bukan orang atau bendanya.” Nawawi (1985 :141) menyebutkan bahwa, “ populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin, baik hasil menghitung ataupun pengukuran kuantitatif maupun kualitatif daripada karakteristik tertentu mengenai sekumpulan objek yang lengkap. “ sedangkan riduwan dan tita lestari (1997:3) mengatakan bahwa “populasi adalah keseluruhan dari karakteristik atau unit hasil pengukuran yang menjadi objek penelitian.”
          Dari beberapa pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa : “populasi merupakan objek atau subjek yang berada pada suatu wilayah dan memenuhi syarat- syarat tertentu berkaitan dengan masalah penelitian.
          Terdapat dua jenis populasi, yaitu populasi terbatas dan populasi tak terbatas (tak terhingga). Populasi terbatas yaitu mempunyai sunber data yang jelas batasnya secara kuantitatif sehingga dapat dihitung jumlahnya. Sedangkan populasi tak terbatas yaitu sumber datanya tidak dapat di tentukan batasan-batasannya sehingga relatif tidak dapat dinyatakan dalam bentuk jumlah.

loading...

      Berdasarkan sifatnya populasi dapat dibedakan menjadi populasi homogen dan populasi heterogen. Populasi homogen adalah sumber data yang unsurnya memiliki sifat yang sama sehingga tidak perlu mempersoalkan jumlahnya secara kuantitatif.
            Sedangkan populasi heterogen adalah sumber data yang unsurnya memiliki sifat atau keadaan yang berbeda (bervariasi) sehingga perlu ditetapkan batas-batasnya, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Definisi Sampel


           Suharsimi Arikunto (1998 :117) mengatakan bahwa :’sampel adalah bagian dari populasi (sebagian atau wakil populasi yang diteliti). Sampel penelitian adalah sebagian populasi yang diambil sebagai sumber data dan dapat mewakili seluruh populasi.” Sugiyono (1997 :57)memberikan pengertian bahwa “sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang di miliki oleh populasi.


Di tulis dari buku “Dasar-dasar Statistika”
Bagi yang memerlukan daftar pustakanya silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.
Judul: Definisi Populasi dan Sampel Menurut Para Ahli; Ditulis oleh Idham CR7foldism; Rating Blog: 5 dari 5

272 komentar

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 272   Newer›   Newest»

Trima kasih bang.. boleh minta daftar pustakanya
aziz.sofian.dahlan@gmail.com

Reply

entar saya kirimin soalnya laptop tempat filex hilang,,jadi sy liat dulu di bukunya,,nanti sy kirim,,thanks atas kunjungannya....

Reply

saya minta daftar pustakanya juga ya mas buat selesein tugas saya :)
dikirim kesini aja ya mas elviza.rahmadona@gmail.com
makasi sebelumnya :)

Reply

mas, saya boeh minta daftar pustakanya?
anneabdulaziz@gmail.com
terima kasih :)

Reply

bisa minta daftar referensi nya juga gak mas??
guruhfitriantox10@gmail.com
matur nuwun

Reply

saya juga mau daftar pustakanya ya? rantialfiani@ymail.com

Reply

Mohon dibantu apa saya bisa dapat daftar pustakanya?
email saya : alpha.kusumayudha@gmail.com

Reply

wah2 nih pasti dari kelas yang sama :-) ...makasih atas kunjungan mas2 mba2 smua,,,maaf sebelumnya karna telat baca permintaannya,,o yaa,,, daftar pustakanya udah di kirim di email masing2,,mudah2han belum telat buat tugasnya,,,makasih atas kunjunganx..,,,

Reply

Mas brooo, tolong kirimkan daftar pustakanya yaaa,,,soalnya saya lagi nyusun nih...kirim ke email ni mas broo,...Pardameansiahaan7@gmail.com

Thankz...

Reply

mas,, saya juga minta daftar pustaknya??
soalnya mau cantumin di propsal ahir studi,
taufik09chemistry@gmail.com

Reply

udah di kirim,,,silahkan cek emailnya..maaf baru di kirim...

Reply

udah dikirim,,silahkan di cek...

Reply

Mas minta daftar pustakanya jg boleh??
tolong kirim di Rhyagusriani68@gmail.com

Reply

Silahkan di cek emailnya,,,,,,,

Reply

mas minta daftar pustakanya juga boleh?
tolong kirim ke email saya willy.riesty@ymail.com

Reply

daftar pustakanya udah di kirim ke willy.riesty@ymail.com,, silahkan di cek. thanks

Reply

mas saya boleh minta daftar pustakanya juga
isnasilviani76@gmail.com
terimakasih :)

Reply

silahkan dicek emailx,,mba..!!

Reply

boleh saya minta daftar pustakanya juga?
hanafiazh.hasanah@ymail.com
terima kasih :)

Reply

Silahkan di cek emailnya, Daftar Pustakanya udah di kirim, dalam format word dan rar. thanks

Reply

Just say Thank you bro

Reply

Saya minta dapusnya jg mas. Mksh. Putriamalia444@ymail.com

Reply

maaf baru di kirim mba,,silahkan di cek di emailnya..

Reply

ka, boleh minta daftar pustakanya ? riyantiekaagustina@gmail.com

Reply

udah dikirim, silahkan di cek

Reply

Mas, boleh minta daftar pustakanya?. yacobnainggolan440@gmail.com

Reply

Silahkan dicek gan emailx,,

Reply

Saya juga izin minta daftar pustakanya mas, terima kasih sebelumnya. Alamat: defhammam@gmail.com

Reply

Silahkan di cek gan,,udah dikirim..DPnya//

Reply

saya juga mau daftar pustakanya tlong dikirim ke sini sitiyadayatunendahayu@gmail.com

Reply

udah dikirim,,silahkan di cek emailnya.

Reply

Saya boleh minta daftar pustakanya juga? tolong dikirim ke piliadilla.11b@gmail.com

Reply

Udah di kirim silahkan di cek.

Reply

boleh minta daftar pustakanya gak mas makasih ya sebelumnya,,, jazeelatulilmiyah@gmail.com

Reply

silahkan di cek di emailnya thanks/

Reply

boleh minta daftar pustakanya juga mas? endahdwi11@gmail.com makasih banyak

Reply

selamat soree...
maaf.. saya boleh minta daftar pustakanya...
makasih yaaa..
sibuudi@yahoo.com

Reply

Boleh minta daftar pustakanya? Tolong kirim ke elisa.abel@gmail.com
Makasih banyak yaa...

Reply

maaf telat,,udah dikirim mba,,silahkan di cek emailx..

Reply

Selamat sore, maaf bisakah saya meminta daftar pustaka nya? Web ini samgat membantu : musiclovers.vs123@gmail.com
Ditunggu emailnya trims

Reply

Silahkan di cek,,maaf baru oL lagi..

Reply

saya minta daftar pustakanya juga ya mas buat selesein tugas saya
dikirim kesini aja ya mas. (nawiersappo@gmail.com)
makasi sebelumnya

Reply

Minta dapusnya ya mas, tolong dikirim ke ochalynn@yahoo.co.id terimakasih banyak 😄

Reply

mas mau minta daftar pustakanya. tolong kirim ke email ini ya mas :) indahdeanida@ymail.com

Reply

Maaf telat kirimnya silahkan di cek...

Reply

Maaf telat kirimnya silahkan di cek...

Reply

Silahkan di cek mba,,

Reply

mas mau minta daftar pustakanya. tolong kirim ke email ini ya mas...muhammadalfaiz642@gmail.com

Reply

mas boleh minta daftar pustakanya gak,, kirim ke email saya.. marlithenk_ndutzz@yahoo.co.id .. makasih mz..

Reply

Silahkan di cek mas...

Reply

cek langsung mba emailnya...

Reply

mas boleh minta tolong kirim dftar pustakanya gak... email saya spankypayne@live.com ... untuk skripsi nih.. terimakasih mas!

Reply

Mas, saya minta daftar pustakanya ya? untuk memenuhi tugas saya.
email saya rizalawan7@gmail.com

Reply

Oke Monggo Di cek di emailnya...

Reply

mohon bantuan daftar pustakanya nggeh,..
fariham_masula@yahoo.com
terima kasih

Reply

saya juga minta tolong dikirimkan daftar pustakanya ya kak. terimakasih :D oya ini emailnya nonaikapratiwi25@gmail.com

Reply

Boleh saya minta daftar pustakanya untuk bahan skripsi mas?
Ini email saya dododin92@gmail.com
Terima kasih

Reply

boleh minta dapusnya mas, makasih
ini email sayaa indinduy@yahoo.com

Reply

fariham_masula@yahoo.com
nonaikapratiwi25@gmail.com
dododin92@gmail.com
indinduy@yahoo.com

Maaf telat blsnya....udah dikirim DPnya monggo di cek teman2...!!!

Reply

Minta daftar pustakanya bang boleh? Ini email saya smufasiroh@gmail.com .... terimaksih ~

Reply

Maaft telat bals mba,,silahkan di cek di emailnya...

Reply

Minta dftar pustakanya dong cacak.zuhri@gmail.com

Reply

maaf, mohon bantuannya. mau minta daftar pustakanya ke keronisa@gmail.com. terima kasih

Reply

SYAIFUDDIN ZUHRI & KHOERUNNISA silahkan di cek di emailnya mba...!!

Reply

mas bleh minta daftar fustaka nya buat keperluan tugas tolong ya..
Prediedison@gmail.com

Reply

Silahkan di cek...mas brow

Reply

Mas,boleh minta daftar pustakanya??
Ini alamt emailku setyawatihartini@gmail.com
Maksh mas....

Reply

Ok silahkan di cek mba di emailnya...

Reply

mas beleh minta DF krim nya di email ini.. aditedison928@yahoo.com
tolong ya mas

Reply

mas idham, minta DP`y donk email ke cahyaunin@gmail.com buat melengkapi tugas kuliah saya.

Reply

Kak minta dpnya dong, buat tugas kuliah nih hehe kirim ke email ini yaa sarahgracia06@gmail.com dan yantiharma@yahoo.com
makasih sebelumnya

Reply

Edison, Yoga, Sarah,,monggo di cek.

Reply

Kak, aku jg minta dong, daftar pustakanya buat nyusun skripsi.

Ayuthefighter@gmail.com

Terima kasih banyak ya kak, atas bantuannya.

Reply

Maaf baru di kirim,,,langsung dicek aja mba ayu..!!#

Reply

bermanfaat nih buat skripsi...
minta donk daftar pustakanya...

hendrojuniarto@gmail.com

Reply

siipp,,,udah dikirim silahkan dicek.

Reply

mas boleh minta daftar pustakanya buat nyusun tesis

email saya : efriliardona@gmail.com

trma kasih

Reply

Udah dikirimin mba,,good luck tesisnya.!!

Reply

Mas, saya boleh minta daftar pustakanya? Ini alamat email saya: laradians@gmail.com
Terimakasih ya :)

Reply

Maaf telat,,DP udah di kirim ke emailnya.

Reply

Mas, saya boleh minta daftar pustakanya ? mahirahusna09@gmail.com
Terimakasih ya :)

Reply

Mas boleh minta daftar pustaka .? Emailnya sheila.cakti@gmail.com terimakasih...

Reply

Mahira dan mba sheila silahkan dicek emailnya...

Reply

Ka, boleh minta daftar pustakanya? Kalo boleh kirim ke mairita.fawzia.kuliah@gmail.com ya. Terimakasih..

Reply

maaf telat kirimnya,,silahkan di cek..thanks atas kunjungannya di toserba pengetahuan.

Reply

boleh minta daftar pustakanya? email : chocolatelovergenevieve@gmail.com

Reply

mas bro ikutan juga minta daftar pustakanya
myusri09@gmail.com

Reply

Mas bisa minta daftar pustakanya? email: wulanmakkasau@gmail.com

Reply

Mas yusri dan mba sri maaf telat krim DPnya silahkan di cek emailnya,,

Trima kasih telah berkunjung di blog Toserba Pengetahuan

Reply
This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

Mas boleh minta daftar pustaka ?
maaf ralat email.
fnzill8@gmail.com

Reply

maaf yaa telat kirim,,silahkan dicek emailnya...makasih...

Reply

minta daftar pustakanya boleh ffauzi547@gmail.com

Reply

tolong daftar pustakanya, terima kasih
ivankosasih@ymail.com

Reply

saya minta daftar pusatakanya dong mas buat tugas sata yg berapa minggu lagi ..
devinuraini7@gmail.com . tolong yaa :)

Reply

maaf telat,,silahkan di cek emailnya...

Reply

Mas saya boleh minta daftar pustakanya, kirim ke email saya ya mas noviaerikaa@gmail.com terimakasih mas

Reply

Mas saya minta tolong minta daftar pustakanya mas. terima kasih. khoidialkatiri@gmail.com

Reply

bisa minta daftar pustakanya ?
makasiiiii

Reply

yunitasilalahi020693@gmail.com

Reply

izin tanya admin, kalo populasi tidak di ketahui, pengambilan sampel bagaimana, dan ada gx pendapat para ahli yg ada yang menyatakan, kmren saya pake rumus SAKARAN yg di mana jumlah variabel di kalikan antara 15 sampai 20, dan saya beli bukunya tidak ada yg menemukan pernyataan itu, dan pembimbing saya juga suruh ganti. kalo ada informasi toloh share admin.

Reply

Udah mba yuni,,silahkan di cek..

Reply

tergantung gmana penelitiannya,,klo emang ga bisa nentuin populasinya yg akan di gunakan,,maka metode pengambilan sampelnya yg cocok yaitu metode accidental sampling dimana pengambilan data subyek,,,hanya yang kebetulan anda temui saat anda meneliti di tempat tsb,,ambil data subyek yg akan di jadikan sampel sampai anda rasa cukup...rumusnya sy baru dengar tuh rumus SAKARAN,,,setauh saya klo populasinya ga di ketahui,,,pengambiln sampelnya menggunakan rumus n=(Za/2:E)2..

Reply

bang boleh minta daftar pustakanya? devito.claudius@gmail.com
thankyou

Reply

SIlahkan brow di cek emailnya..

Reply

Maaf mas sebelum nya bagus banget, sangat terbantu.. bolehkah saya minta referensknya ?

Reply

Auratulaliya@gmail.com boleh minta referensinya mas ?

Reply

Auratulaliya@gmail.com boleh minta referensinya mas ?

Reply

Maaf mba,,silahkan di cek emailnya....

Reply

Saya juga mas rahmadnunu18@gmail.com :) terima kasih

Reply

Saya juga mas rahmadnunu18@gmail.com :) terima kasih

Reply
This comment has been removed by the author.

maaf, email saya salah. seharusnya vanjosephine@hotmail.com. terima kasih

Reply

maaf, email saya salah. seharusnya vanjosephine@hotmail.com. terima kasih

Reply

Makasih buat artikelnya Mas, boleh minta daftar pustakanya? rbcajoy@gmail.com makasih sebelumnya :)

Reply

artikelnya bagus, mas mau minta daftar pustaka nya dong... email nya Widypramudya@yahoo.co.id trimakasih mas sebelumnya
:)

Reply

Buat teman2 yang lagi butuh daftarnya dan sy belum kirim berhubung krn sudah jarang Ol,,silahkan dicek kemballi DPnya udah di kirim kok,,smoga blum terlambat... Thanks atas kunjungannya.

Reply

minta daftar pustakanya mas,,,

Reply

mas sorry saya juga mau daftar pustaka ya hehe boleh kirim ke luthfifaza@yahoo.com

Reply

Sudah dikirim,,cek dulu gan..!!

Reply

Maaf mas boleh saya lihat daftar pusakanya ?

Reply

maaf mas bisa minta referencenya?

Reply

Mas, boleh minta daftar pustakanya? lita.adistya@yahoo.co.id

Reply

maaf klo mau daftar pustakanya harus mencantumkan email anda,,jadi mba lita aja yang saya udah kirimi daftar pustakanya..makasih..

Reply

mas boleh minta daftar pustakanya? terima kasih :)

sozyaasrar@gmail.com

Reply

Maaf baru di balas,,silahkan dicek..emailnya/// makasih atas kunjungannya.

Reply
This comment has been removed by the author.

Minta daftar pustakanya dong bang.. Tengkyu sblmnya... :)
ryanrahadi2015@gmail.com

Reply

sudah agan ryan,,silahkan dicek emailnya..trims

Reply

mas idham minta daftar pustaka nya dong
sumininingsih@gmail.com
makasih ya mas..

Reply

Minta daftar pustakanya boleh?
NoviaElla@gmail.com

Reply

Aduh mba ella,,mintanya kok di replynya orng sih,,buat coment baru donk biar cepat saya dapat..silahkan di cek mba...

Reply

Mba mini monggo di cek emailnya

Reply

maaf mas, saya juga mau daftar pustakanya, tolong kirim ya addiniada@gmail.com terimakasih sebelumnya.

Reply

maaf mas boleh minta daftar pustakanya tidak? terima kasih
cintyawcirima@gmail.com

Reply

Mba nur dan cintya silahkan di cek emailnya..

Reply

Boleh minta daftar pustakanya??
yasyfira@gmail.com

Reply

ok sudah dikirim..cek emailnya.

Reply

kira2 kalau tingkat kesalahan 18% aneh nggak ya?

Reply

Bole minta dftr pustakanya mas?
reinaldobenedict@gmail.com
Thank you

Reply

emang ada yaa tingkat kesalahan gitu..?

Reply

Mas boleh minta daftar pustaka nya gak?
Yudhityapratiwi@gmail.com
Makasih

Reply

Mas sya minta daftar pustakanya,
terimakasih

Fajarmaulana876@gmail.com

Reply

mas boleh minta daftar pustaka nya?
email : putuadityapm@gmail.com
terima kasih banyak

Reply

mas boleh minta daftar pustaka nya ?
gerrychamzang@yahoo.com

Reply

maaf mas minta daftar pustaka nya dong buat skripsi saya . kirim ke harytie39@gmail.com . makasih yah

Reply

mas minta daftar pustakanya dong. kirim ke farizrahman0@gmail.com. terima kasih

Reply

minta daftar pustakanya dong bro
raka_cahya95@yahoo.com thanks before

Reply

Makasi bg
Minta daftar pustakanya ya,,
Karliani24@gmail.com

Reply

maaf mas boleh minta daftar pustakanya? santinirizky@gmail.com
terimakasih

Reply

Permisi mas, boleh minta daftar pustakanya ga? Bisa kirim ke antoniusvicky26@gmail.com ya. Terima kasih.

Reply

maaf mas, boleh minta daftar pustakanya ? rohmania.rn@gmail.com

Reply

maaf baru di kirim daftar pustakanya,,akhr2 ini sibuk kerja jadi ga sempat ngurusin blog ini,,silahkan di cek email masing2...trims

Reply

kak minta daftar pustakanya ya
philiaparamitha@gmail.com
terimakasi kak

Reply

Sdh dikirim silahkan di cek emailnya

Reply

Assalamualaikum mas, maaf ya mengganggu boleh minta daftar putaka nya mas buat tugas ne. email saya official.ismail27@gmail.com

Reply

Monggo di cek emailnya..

Reply

Boleh minta daftar pustakanya? Ke email ditaayuuuu@gmail.com

Reply

Dita silahkan cek emailnya...

Reply

mas idham, saya boleh minta daftar pustaka. mohon dikirim ke : kavin_lostrupher13@yahoo.com
terima kasih :)

Reply

Punten, mas idham minta daftar pustakanya tolong kirim ke zizahahmed@gmail.com, syukron

Reply

Sudah di kirim silahkan di cek emailnya..

Reply

bisa saya minta daftar pustakanya mas buar menyelesaikan proposal saya. hartini.tandirirano10@gmail.com

Reply

cek emailnya mas sis...!!

Reply

mas boleh saya minta daftar pustakanya juga? untuk menyelesaikan tugas akhir saya. ke nurhafizhaa@gmail.com terima kasih

Reply

boleh minta daftar pustakanya juga mas?
novie_fatma@rocketmail.com
makasih :)

Reply

aku juga dong mas mau dafpusnya buat p.i hihi ini email aku mas : putri.septiaani@gmail.com , makasih sebelumnya :D

Reply

aku juga dong mas mau dafpusnya buat p.i hihi ini email aku mas : putri.septiaani@gmail.com , makasih sebelumnya :D

Reply

Silahkan dicek,,buat yang lain sorry yaa telat kirimnya...

Reply

mas boleh minta daftar pustakanya... email : Aji.08.05.95@gmail.com

Reply

minta daftar pustakanya radyatul@gmail.com

Reply

mas boleh minta daftar pustakanya? kalo boleh, minta tolong dikirim ke email liasiregar14@gmail.com ya. thx

Reply

maaf baru bisa ol,,silahkan di cek emailnya..

Reply

Minta daftar pustakany ya mas.. krm k Adevafaranizaorlin@gmail.com trimz ☺

Reply

Mas aku boleh minta daftar pustakanya ga , email : haryonoyusup00.hy@gmail.com
sebelumnya terimkasih karena Postingannya sangat bermanfaat

Reply

Mas aku boleh minta daftar pustakanya..?
Terima kasih :)
hanipie89@gmail.com

Reply

cek emailnya udah di kirim...!

Reply

mas boleh minta daftar pustakanya?
silmakaffah27@gmail.com

Reply

cek mailnya mba,,trims.

Reply

terimakasih atas postingnya kak, sangat membantu. saya mau daftar pustakanya dalam rangka untuk membuat penulisan ilmiah. tolong kirimkan ke email ini ka rachma.syafrina@yahoo.com terimakasih!

Reply
This comment has been removed by the author.

Silahkan di cek emailnya..

Reply

Kalau boleh, saya minta dong daftar pustakanya, bang, lagi ngerjain skripsi ini. Terima kasih, bang

Reply

Tolong minta pustakanya dong, bang. alvizuchrigajah@gmail.com makasih bang

Reply

Mas, boleh saya minta daftar pustakanya? email: ndiofani@gmail.com
Terimakasih
Jazakumullah..

Reply

Cek emailnya,,,sama2.

Reply

Malam mas, saya boleh minta daftar pustakanya? ini email saya mas fnisaadha@gmail.com
terimakasih banyak mas:)^^

Reply

Maaf baru aktif lagi,,cek email mba..

Reply

selamat malam mas, saya mau daftar pustakanya untuk tugas saya terimakasih banyak sebelumnya mas :))email saya safiraauliya96@gmail.com

Reply

silahkan di cek emailnya...

Reply

Pagi mas, saya boleh minta daftar pustakanya utk tugas saya. ini alamat email saya Lisdayantiyan@gmail.com terimakasih banyak mas

Reply
«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 272   Newer›   Newest»

Post a Comment

Silahkan beri komentar/respon/pertanyaan anda mengenai artikel saya di atas, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.
Demi kenyamanan anda, komentar Auto approve dan tanpa captcha, tapi Ingat No spam.
Mohon Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.