Download Makalah Manajemen Sumber Daya Alam




Manajemen SDA
Sumber daya alam adalah sumber daya yang terkandung dalam bumi, air, dan dirgantara yang dapat didayagunakan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan manusia.

Sumber daya alam dibagi menjadi dua yaitu SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui.
  • SDA yang dapat diperbaharui meliputi air, tanah, tumbuhan dan hewan. SDA ini harus kita jaga kelestariannya agar tidak merusak keseimbangan ekosistem.
  • SDA yang tidak dapat diperbaharui itu contohnya barang tambang yang ada di dalam perut bumi seperti minyak bumi, batu bara, timah dan nikel. Kita harus menggunakan SDA ini seefisien mungkin. Sebab, seperti batu bara, baru akan terbentuk kembali setelah jutaan tahun kemudian.
Sumber daya alam juga bias dibagi menjadi dua yaitu sumber daya alam hayati dan non-hayati.
  • SDA hayati adalah SDA yang berasal dari makhluk hidup (biotik) seperti hasil pertanian, perkebunan, pertambakan, dan perikanan. Sumber daya hayati adalah salah satu sumber daya dapat pulih atau terbarukan (renewable resources) yang terdiri atas flora dan fauna. Sumber daya hayati secara harfiah dapat diartikan sebagai sumberdaya yang mempunyai kehidupan dan dapat mengalami kematian. Jenis-jenis sumber daya hayati di antaranya adalah pohon, ikan, rumput laut, plankton, zooplankton, fitoplankton, harimau, semut, cacing, rumput laut, terumbu karang, lamun, dan sebagainya.
  • SDA non-hayati adalah SDA yang berasal dari makhluk tak hidup (abiotik). Seperti: air, tanah, barang-barang tambang.
Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang sangat melimpah dan dapat dikelola oleh berbagai pihak baik itu pihak swasta maupun pihak yang berstatus negeri sekalipun bahkan bisa juga puhak peseorangan namun biasanya itu illegal. Oleh karena itu kita harus bisa mengoptimalkan sumber daya alam dan tentunya tetap memperdulikan kelestarian lingkungan, demi menjaga kelestarian sumber daya alam agar bisa diwariskan untuk anak cucu kita kelak di masa yang akan datang.

Sumber daya alam juga merupakan penghasilan paling tinggi diantara mata pencaharian yang lainnya. Oleh sebab itu mata pencaharian yang mengandalkan eksploitasi dari sumber daya alam menjadi popular dan diidamkan oleh banyak kalangan karena selalu mendapatkan penghasilan yang cukup bahkan sangat tinggi. Akan tetapi kebanyakan dari mereka tidak memperdulikan dampak yang ditimbulkan akibat dari eksploitasi yang telah meraka lakukan. Akibatnya, keseimbangan ekosistem menjadi terganggu, banyak korban berjatuhan akibat dampak yang ditimbulkan pengeksploitasian yang tidak bertanggung jawab. Ekploitasi itu seharusnya diiringi dengan pembaharuan yang dapat menutupi dampak yang ditimbulkan oleh eksploitasi tersebut.
Untuk lebih lengkapnya silahkan download makalah Manajemen Sumber Daya Alam pada link di bawah
Pass : www.konawe-online.blogspot.com
Judul: Download Makalah Manajemen Sumber Daya Alam; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Post a Comment

Silahkan beri komentar/respon/pertanyaan anda mengenai artikel saya di atas, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.
Demi kenyamanan anda, komentar Auto approve dan tanpa captcha, tapi Ingat No spam.
Mohon Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.