Download Makalah tentang RAL (Rancangan Acak Lengkap)





Buat sobat yang lagi mencari makalah tentang Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan malas untuk membuatnya,,,silahkan download makalah dari saya (idham sevenfold). Tapi sebelumnya kita perlu membahas apa itu RAL..?...

Rancangan Acak Lengkap (RAL) merupakan rancangan dasar. Semua rancangan random berpangkal pada RAL dengan menempatkan pembatasan-pembatasan dalam alokasi perlakuan dalam lapangan percobaan. Apabila unit percobaan terlalu heterogen, salah satu cara untuk mengontrol variabilitas adalah dengan mengadakan stratifikasi kedalam kelompok -kelompok yang lebih homogen.

RAL dapat didefinisikan sebagai rancangan dengan beberapa perlakuan yang disusub secara random untuk seluruh unit percobaan. Tidak ada pembatasan yang dikenakan dalam menyusun perlakuan untuk tiap unit percobaan.

Kelebihan Rancangan Acak Lengkap :
1. Mudah Menyusun rancangannya.
2. Analisis statistik yang digunakan cukup sederhana.
3. Banyak unit percobaan untuk tiap perlakuan tidak harus sama.

Kekurangan RAL yang paling pokok adalah bahwa rancangan ini biasanya hanya cocok untuk digunakan dengan beberapa perlakuan (yang tidak banyak) serta untuk unit percobaan yang relatif homogen.

Menyusun Rancangan
yang dimaksud dengan menyusun rancangan adalah menempatkan perlakuan pada unit percobaan. Misalnya kita punya N Unit percobaan dan K perlakuan. kita pilih secara random n1 unit percobaan dari unit dan satu dari k erlakuan itu kita gunakan pada n1 unit tersebut. Selanjtnya kita pilih secara random n2 unit dari (N-n1) unit percobaan sisanya dan satu (sembarang) perlakuan dari sisa (K-1) perlakuan kita gunakan pada n2 unit percobaan tersebut. demikian seterusnya, sampai semua perlakuan didapat. Apabila tiap perlengkapan diulang sebanyak kali yang sama, maka n1=n2=...=nk=n, dan sum(ni) = kn = N unit percobaan.

Suatu contoh susunan Acak lengkap dengan lima perlakuan A, B, C, D, E masing-masing dengan empat replikasi adalah sebagai berikut :

 E     E    C   B       E
(1)  (8)  (9)  (16)  (17)

 A   D     D       B  A
(2) (7)   (10) (15) (15)

B     C   A     C    B
(3) (6) (11) (14) (19)

E      D   A    D    C
(4) (5) (12) (13) (20)

Silahkan download makalah tentang RAL (Rancangan Acak Lengkap) pada link di bawah ini.

Judul: Download Makalah tentang RAL (Rancangan Acak Lengkap); Ditulis oleh Idham CR7foldism; Rating Blog: 5 dari 5

Post a Comment

Silahkan beri komentar/respon/pertanyaan anda mengenai artikel saya di atas, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.
Demi kenyamanan anda, komentar Auto approve dan tanpa captcha, tapi Ingat No spam.
Mohon Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.