Tips Hasil Foto Berkualitas Kamera Smartphone




Foto Berkualitas
Sekarang produsen ponsel berlomba lomba untuk meningkatkan fitur yang ada pada produk smartphone mereka. Salah satu fitur pada ponsel Smartphone yaitu kamera. Dengan fitur kamera yang canggih memungkinkan kita mendapat hasil jepretan yang bagus, akan tetapi tanpa pengetahuan yang cukup dalam memotret juga akan berpengaruh pada hasil jepretan kita. Oleh karena itu Toserba Pengetahuan kali ini akan membahas tentang tips memotret yang bagus dengan kamera smartphone.

Berikut Tipsnya.

1. Perhatikan Kebersihan Lensa Kamera
Terkadang kita tidak memperhatikan kebersihan lensa kamera. Hal ini dapat mempengaruhi hasil jepretan nantinya. Oleh karena itu selalu bersihkan lensa kamera dengan kain, tisu atau semacamnya lebih bagus menggunakan cairan pembersih LCD Laptop atau Komputer. Hal sepele ini merupakan salah satu faktor yang dapat membuat hasil foto menjadi kabur karena terhalang debu pada lensa kamera.
2. Stabilkan Tangan anda Saat memotret
Kestabilan tangan juga menjadi faktor hasil potret, karena tangan yang gemetar saat memotret dapat membuat hasil jempretan menjadi blur atau kabur. Kebanyakan kamera smartphone memiliki kecepatan menangkap gambar (shutter speed) yang rendah oleh karena itu usahakan tangan tetap stabil saat proses pengambilan gambar. Selain usahakan membeli ponsel yang memiliki Fitur stabilization yang berfungsi "Baca Tips memilih Smartphone dengan kualitas kamera yang bagus"
3. Pahami pengaturan kamera
Sebelum mulai memotret, tentunya kamu harus memahami terlebih dahulu karakter dan pengaturan kameranya itu sendiri. Ada fitur apa saja sih yang bisa kamu explore untuk mendapatkan gambar yang maksimal. Contohnya seperti mengatur nilai ISO, white balance, exposure, resolusi gambar, dan yang lainnya.
4. Pilih Momen yang tepat
Kebanyakan para Photografer profesional akan sangat memperhatikan momen yang tepat untuk mengambil sebuah gambar, karena momen yang pas akan meningkatkan kualitas hasil foto. Saat kamu memotret binatang, anak-anak, orang berolah raga, atau memotret apapun yang sifatnya bergerak, menunggu momen yang pas adalah salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan.
5. Perhatikan arah datangnya cahaya
loading...

Terkadang faktor ini tidak penting jika faktor yang ke empat sudah ada. Walaupun kita tidak memperhatikan arah datangnya cahaya tetapi saat itu merupakan momen yang pas untuk mengambil sebuah gambar maka kesempatan itu tidak akan disia-siakan. Tapi tidak ada salahnya kita memperhatikan faktor ini, karena  kebanyakan para pengguna smartphone tidak memperhatikan adanya momen yang pas, mereka hanya memperhatikan kecantikan wajah mereka saat berfoto, nah disinilah faktor arah cahaya harus diperhatikan. Kita harus cermat melihat arah datangnya cahaya. Memotret dengan membelakangi arah datangnya cahaya akan membuat gambar lebih bagus dan terang. Sebaliknya, jika kamu memotret berlawanan dengan arah datangnya cahaya, maka objek foto akan gelap atau menjadi gambar siluet seperti bayangan . Jangan Lupa untuk menggunakan fitur flash / lampu kilat jika ada.
6. Hindari Fitur Zoom
Penggunaan fitur zoom pada kamera smartphone akan membuat kualitas gambar menjadi turun atau noise dan cenderung tidak tajam. Karena kebanyakan ponsel smartphone memiliki fitur Zoom yang jelek. Jadi, solusinya yaitu dekatkan ponsel untuk memperoleh hasil foto dengan ukuran besar/zoom.
7. Jangan Gunakan efek di kamera
Hindari penggunaan efek langsung dari kamera, karena itu akan merusak keindahan foto dalam artian nilai estetika foto tersebut (keaslian). Contohnya effek yang dimiliki kamera 360, fitur ini bisa membuat foto yang di hasilkan cantik nan indah karena efek lips yang memerah. Padahal ini merusak nilai estetika sebuah foto, karena membohongi orang yang melihatnya.
Judul: Tips Hasil Foto Berkualitas Kamera Smartphone; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Post a Comment

Silahkan beri komentar/respon/pertanyaan anda mengenai artikel saya di atas, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.
Demi kenyamanan anda, komentar Auto approve dan tanpa captcha, tapi Ingat No spam.
Mohon Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.